Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia yang lainnya (HR. Thabrani)

Tuesday 17 May 2016

Posted by Anisa Wilujeng in | 17:56 No comments
Assalamu’alaikum Wr.Wb. ^_^

S.Pd. Sarjana Pendidikan. Ah, begitu beratnya gelar yang disematkan ini. Kalo yang lain mungkin bangga dengan adanya gelar yang tersemat ini, maka saya adalah salah satu orang yang merasa ngeri mendapatkan gelar ini. Saya lebih suka mereka tidak menyebut-nyebut hal ini. Alasan: ketidakpantasan saya, kengerian gelar ini pula.

Bagi saya, bergelar sarjana pendidikan berarti menjadi siap menjadi panutan, siap melayani, dan tentu saja siap belajar ilmu sabar sekaligus ikhlas setiap saat.

Sejak kecil, saya mempunyai cita-cita menjadi seorang guru. Guru yang hebat. Guru bisa memfasilitasi dengan totalitas.

Saya suka belajar, terlebih saat belajar di sekolah. Saya suka sekali mengamati bagaimana masing-masing guru membawakan petualangan dalam belajar. Tentu saja bermacam-macam hasilnya; ada yang buat ngantuk, ada yang buat ketegangan tubuh meningkat berkali-kali lipat, ada yang hanya menuntaskan materi pelajaran, ada yang rajin memakai berbagai macam metode pelajaran, ada yang membawakan pelajaran seperti seornag motivator, ada yang tak acuh terhadap siswanya, dan ada yang tulus mengajarkan sesuatu pada siswanya.

Saya suka tipe guru yang tulus saat memberikan ilmu kepada siswanya (walaupun dengan cara yang sangat membosankan, apalagi jika caranya juga oke). Guru tersebut adalah guru yang berkesan bagi saya. Ya walaupun pada akhirnya saya sering belajar secara mandiri, tapi nasehat-nasehat dari guru tersebut selalu saja terngiang-ngiang. Mungkin karena penyampaiannya dari hati maka akan sampai ke hati. Saya mengapresiasi setiap orang yang menuju perbaikan, termasuk guru.

Guru adalah profesi yang menuntut manajemen tingkat tinggi karena yang diurusnya adalah ‘manusia’, bukan benda mati. ‘Manusia’ yang setiap dari mereka membawa keunikan masing-masing. Dan lihatlah permasalahan pendidikan saat ini, begitu kompleks. Begitu banyak perbuatan ‘menjijikan’ terjadi (korupsi, tindakan kriminal, pergaulan bebas, dsb). Ahh, tetapi mengeluh tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Dan untuk itu jugalah medan pertempuran ini yang akan saya ambil, ‘Dunia Pendidikan’ sebagai tanggung jawab dan dedikasi saya sebagai anak bangsa juga kepada gelar yang telah tersemat. Belajar lagi, belajar terussss biar bisa jadi guru yang hebat! Guru yang tangguh! ^_^

Masing-masing dari kita memiliki tugas masing-masing kan? Dimanapun kita berada, semoga selalu bermanfaat. Menebar dan mengajarkan kebaikan dengan cara apapun.

Salam Semangat! Salam Pembelajar!


Wassalamu’alaykum Wr.Wb.

0 comments:

Post a Comment

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter