Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia yang lainnya (HR. Thabrani)

Sunday 8 May 2016

Posted by Anisa Wilujeng in | 08:15 No comments


Ada sebuah tanggapan dari peserta yang membuat saya terkesan. Wah, lupa namanya siapa. Jadi masnya itu sudah mulai menghidupi dirinya dengan menggunakan Inkscape ini untuk mendesain sesuatu. Kata masnya, "Saya selalu diajarkan untuk menggunakan sesuatu yang legal, dan karena itulah saya memilih Inkscape, rasanya lebih puas."

(Wah, aku baru tahu kalo misal banyak aplikasi-aplikasi yang ilegal, wah, gak tau aku. Nggak update banget ya aku, haha)



Assalamu'alaikum..
Halo semuanya! Moshi-moshi! (Halo!)
Ogenki desuka? (apa kabar?)
Semoga selalu diberikan kesehatan jiwa dan juga raga ya! aamiin.
Semangat permirsaaaa! ^_^


Sehari yang lalu (7/6/2016) saya mengikuti pelatihan Inkscape yang diselenggarakan oleh KMH FIK UNY. Pelatihan ini Free! That's why I joined, haha. Sebenernya ada alasan lain juga kok selain karena gratis, I wanna learn how to use Inkscape, seriously, hehe. I like playing colour. Usually I draw something with corel, but I wanna know the other program pengolah gambar. Pelatihan dimulai sekitar pukul 9 pagi sampai jam 3 sore.

Pelatihan ini dibuka oleh sambutan ketua panitia yang singkat, padat, dan beberapa rangkaian sambutannya cukup menempel di hati, "Terimakasih kepada para peserta yang telah datang mengikuti acara ini. Bahwasannya bukan kaki yang membawa teman-teman kemari, tetapi hati. Alasan yang membuat kami meyelenggarakan acara ini juga karena kami berusaha menyampaikan walau hanya satu ayat."

Oke kita cukupkan yaa untuk sambutannya, hehe. Let's go to the points! :)


Pematerinya adalah mas Ali Abdul Hakim. Nah di sini, saya akan mencuplik beberapa materi yang beliau sampaikan.


Apa itu Inkscape?
1. Inkscape merupakan program pengolah gambar vektor (semacam coreldraw dan adobe illustrator)
2. Program open source (sumber terbuka)
3. Merupakan pengembangan dari program sodipodi (1999)
4. Dikembangkan sejak tahun 2003
5. Mendukung berbagai platform sistem operasi (windows, Mac OS, dan Linux)
source: wikipedia.org

Mengapa Inkscape?
1. Free (gratis) dan legal
2. Memiliki fitur-fitur pengolahan vektor yang cukup lengkap
3. Multi Bahasa
4. Cross-platfrom

Alat atau Keterampilan?
Yang pertama tentulah Keterampilan karena secanggih-canggihnya alat, kalo kita gak bisa menggunakan ya sama aja bohong. Tapi alat yang bagus, tentusaja juga menjadi salah satu dukungan. Intinya keterampilan dulu, setelah itu alat. Analogi yang diberikan adalah Pensil Warna. Ketika pensil warna digunakan menggambar oleh anak kecil yang belum memiliki keterampilan untuk menggunakannya maka jadinya akan biasa-biasa saja. Lain halnya jika yang menggunakan pensil warna tersebut adalah seorang pelukis. Jika yang menggunakan pensil warna tersebut adalah pelukis, maka lukisan yang dihasilkan akan memiliki nilai yang tinggi. Nah, seperti itu jugalah program ini. Ketrampilan tetep yang utama. :D

Sekitar pukul 14.00, kami para peserta lantas diberikan challenge. Kami diberi waktu sekitar 30 menit untuk saling berlomba membuat gambar apapun dengan tema 'BUAH'. Terbaik putra dan terbaik putri akan mendapatkan buku Inkscape.

Dan taraaaa.... inilah hasil dari gambar saya, haha. :D




Gambar peserta-peserta lain juga lucu-lucu dan keren-keren.
Mari coba lebih banyak lagi. ^_^

0 comments:

Post a Comment

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter